Bangku Inovasi dari Lilitan Potongan Bambu

Produk inovasi lain yang tampil dalam Forum Inovasi Daerah II 2011 di Bandung, Jawa Barat, adalah bangku yang dibuat oleh Sagalakrap. Yang membuatnya unik, kursi tersebut dibuat dari lilitan potongan bambu.

Menurut pantauan, Senin (31/10/2011), permukaan kursi tersebut tetap terasa halus saat mengeluskan telapak tangan. Yang unik, puluhan atau bahkan ratusan bambu yang dililit itu membentuk pola seperti ruas pohon. Permukaannya tidak datar tapi juga menelungkup layaknya cangkir.

Menurut perwakilan dari Sagalakrap, Aryanti Ayu Puspita, kursi tersebut dibuat dengan teknik coilingatau dililit. Caranya, sebilah bambu diserut hingga tipis kemudian dililit hingga membentuk permukaan kursi.

Untuk menopangnya, Sagalakrap menggunakan besi, bambu yang dilaminasi sehingga melengkung rapi, atau batang rotan yang diameternya besar. “Kursi ini cukup kokoh untuk menopang saya,” ujar Ayu yang berpostur sedang ini.

Setiap kursi mereka tawarkan dengan harga Rp 1,5 juta. Mereka belum mengekspor barang tersebut mengingat Sagalakrap baru berdiri dalam waktu enam bulan dan masih memperkuat pasar lokal dengan berkeliling dalam pameran.

Sumber : bisniskeuangan.kompas.com

Pos ini dipublikasikan di Inspirasi Bisnis dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s