Peluang Usaha Tempat Sampah Kayu

tempat sampahKini, tempat sampah tak hanya hadir dengan fungsi utamanya sebagai tempat pembuangan sampah. Tapi juga tampil dengan wajah yang indah sehingga bisa mempercantik ruangan. Pasarnya, hotel, spa, dan restoran. Perajin tempat sampah nan unik ini bisa meraup omzet Rp 30 juta sebulan.

Tempat sampah selalu identik sebagai tempat yang bau dan kotor. Makanya, tempat sampah tak perlu terlihat bagus. Fungsinya yang sebagai tempat pembuangan membuat tempat sampah terkadang dibuat asal-asalan dan tidak mengandung nilai estetika.

Sejatinya, tempat sampah tak sekadar berfungsi sebagai tempat menampung sampah. Tempat sampah juga bisa memperindah ruangan.

Di tangan Ria Diana Juanita, pemilik Joglo Handycraft di Yogyakarta, tempat sampah memiliki nilai lebih dari sekadar fungsi utamanya sebagai tempat pembuangan sampah. Tempat sampah buatannya tampil lebih bagus, menarik, indah.

Diana melahirkan bermacam tempat sampah yang terkesan lebih mewah dan elegan, dengan menggunakan bahan baku kayu pilihan seperti kayu kelapa yang memiliki serat bagus. Lalu, mahoni dan sonokeling.

Dari ketiga kayu inilah kemudian tercipta tempat sampah yang unik dan antik. Pemesan tempat sampah kayu buatan Diana, misalnya, hotel, spa, dan restoran.

Diana menjual dua bentuk tempat sampah berbasis kayu, yaitu kotak dan tabung. Soal harga, tergantung bahan bakunya. Tempat sampah yang terbuat dari kayu kelapa dengan diameter 20 hingga 30 centimeter (cm), harga jualnya mulai Rp 150.000 hingga Rp 200.000.

Adapun harga tempat sampah yang terbuat dari kayu mahoni dan sonokeling Rp 150.000. Setiap bulan, Diana mampu melego sampai 200 tempat sampah ke seluruh Indonesia.

Dari penjualan itu, Diana bisa meraih omzet hingga Rp 30 juta per bulan. Bahkan, pelbagai produk tempat sampahnya juga sudah menembus pasar ekspor hingga Paris, dengan pendapatan total mencapai Rp 400 juta dari penjualan ke mancanegara selama ini.

Pemain lainnya Sally Adriani, pemilik PT Indojaya Karya Abadi di Bogor, Jawa Barat. Beda dengan Diana yang memakai kayu, Sally menggunakan serat pandan untuk membuat aneka macam tempat sampah.

Sally menjual tempat sampah buatannya dengan harga mulai Rp 130.000. “Peminatnya dari hospitality industry, seperti hotel dan restoran,” ujar dia. Maklum, karena berbahan dasar serat pandan, tempat sampah buatannya kelihatan elegan dan klasik, serta jauh dari kesan menjijikkan.

Menurut Sally, para pengusaha hotel dan restoran biasanya membeli secara borongan, untuk menyeragamkan seluruh tempat sampah di lokasi usaha mereka. Tak heran, Sally bisa mencetak omzet Rp 20 juta-Rp 30 juta per bulan. (Sumber)

Kerajinan Kayu Tempat Sampah,  dibuat dari kayu sonokeling sehingga kelihatan cantik, mewah, kuat dan awet.

 Peluang Bisnis Tempat Sampah dari Kayu  Peluang Bisnis Tempat Sampah dari Kayu  Peluang Bisnis Tempat Sampah dari Kayu  Peluang Bisnis Tempat Sampah dari Kayu  Peluang Bisnis Tempat Sampah dari Kayu  Peluang Bisnis Tempat Sampah dari Kayu  Peluang Bisnis Tempat Sampah dari Kayu  Peluang Bisnis Tempat Sampah dari Kayu

Pos ini dipublikasikan di Peluang Bisnis, Peluang Usaha dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Peluang Usaha Tempat Sampah Kayu

  1. nanank berkata:

    Tolong dong estimasi biayanya

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s