Peluang Bisnis Kemitraan Restoran Jepang

Masakan khas Jepang semakin digemari masyarakat di negeri ini. Setidaknya, indikasi ini bisa dilihat dari kian menjamurnya restoran masakan asal Jepang.

Salah satunya adalah restoran Takeshi Bento di Jakarta. Usaha masakan cepat saji ala negeri sakura itu dikelola oleh PT Travatindo Pratama.

Tomy, Manajer Pemasaran Trivatindo Pratama, mengatakan, kendati menjual makanan khas masyarakat Jepang, setiap menu makanan yang disajikan Takeshi Bento disesuaikan dengan selera lidah penduduk di Indonesia.

Menu masakan yang disajikan Takeshi Bento, di antaranya, beef yakinikuebi furai, chicken teriyaki, chicken katsu, fish stick, chicken strips, chicken wing, french fries, yakameshi, dan miso shiro.

Harga jual menu masakan Jepang di Takeshi Bento rata-rata sekitar Rp 9.000 per porsi. Harga tersebut terdiri atas nasi, daging, dan salad.

Menurut Tomy, kelebihan menu makanan Takeshi Bento adalah disajikan dalam keadaan segar. Untuk menikmati menu makanan yang diinginkan, pelanggan tidak perlu menunggu lama. “Kami bisa memasak menu dengan waktu kurang dari dua menit,” ujarnya sembari berpromosi.

Dengan strategi pemasaran seperti itu, pelanggan Takeshi Bento terus meluas. Demi semakin melebarkan sayap bisnisnya, pada Oktober 2004, Travatindo Pratama mulai menawarkan paket kemitraan Takeshi Bento kepada para pemodal yang berminat.

Ada empat paket kemitraan yang ditawarkan Trivatindo Pratama.

Paket pertama, yaitu paket Home Resto (Paket Rumah). Menurut Tomy, paket ini disediakan khusus bagi calon mitra yang ingin membuka usahanya di rumah dengan lingkungan tempat tinggal sebagai segmen pasarnya.

Karena paket ini ditujukan bagi mitra yang telah memiliki peralatan masak dan makan sendiri, manajemen Takeshi Bento hanya membanderol paket kemitraan ini Rp 4 juta. Masa kontrak kerja sama selama satu tahun.

Sudah punya 70 gerai
Paket kedua, konsep Booth. Investasi awal paket ini Rp 12 juta. Paket ini ditujukan bagi mitra yang ingin menempatkan gerai di pusat keramaian atau pusat jajanan.

Paket ketiga, FoodCourt. Paket kerja sama yang ditawarkan seharga Rp 80 juta ini mengadopsi konsep restoran ekspres, jadi dapat diterapkan di lokasi foodcourt pusat perbelanjaan atau mal.

Paket keempat, yang terakhir, adalah paket terlengkap, yaitu Restoran. Nilai investasinya Rp 110 juta. “Untuk paket Restoran dan FoodCourt bisa menyajikan semua menu Takeshi Bento. Sedangkan paket Home Resto dan Booth hanya bisa menyajikan sekitar 12 menu,” ujar Tomy.

Saat ini, jumlah gerai mitra Takeshi Bento sebanyak 70 gerai yang tersebar di Jakarta, Kalimantan, Kupang, dan Manokwari. “Sekitar 90% gerai berada di Jakarta,” katanya.

Dalam waktu dekat, jumlah mitra Takeshi Bento bakal bertambah. Sebab, salah satu mitranya akan membuka lagi gerainya di salah satu gerai ritel besar di Jakarta Selatan.

Menurut Tomy, mayoritas dari 70 gerai yang ada saat ini menggunakan konsep Booth dan Home Resto.“Untuk yang konsep FoodCourt dan Restoran baru tiga,” katanya.

Kendati berkonsep Booth dan Home Resto, omzet yang diraup paket kemitraan ini tidak kalah besar. Tomy mencontohkan, salah satu gerai Booth-nya di salah satu perguruan tinggi di Jakarta mampu mencetak omzet lebih Rp 30 juta per bulan. “Selama lokasi dan target pasarnya jelas, konsep apapun menguntungkan,” ujar Tomy.

Dengan dalil menyasar segmen menengah bawah, manajemen Trivatindo menyarankan agar calon mitra membuka gerai di lokasi yang ramai pengunjung. Sebut saja kampus, kantin sekolah, perkantoran, rumah sakit, area bazar, dan areal umum lainnya seperti terminal bus, stasiun, pasar, dan tempat rekreasi. (peluangusaha.kontan.co.id)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Peluang Bisnis dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Peluang Bisnis Kemitraan Restoran Jepang

  1. MILIKI RESTORAN TANPA FRANCHISE !!!
    SAYA SIAP MEMBERIKAN KURSUS MASAK MAKANAN JEPANG. MENU TINGGAL PILIH SAJA.
    SIAP MENJADI PARTNER ANDA UNTUK MEMBUATKAN RESTORAN, KIOS, KEDAI, WARUNG, BOOTH,OUTLET MAKANAN JEPANG SESUAI KEINGINAN ANDA. TIDAK PERLU REPOT. KONSEP & MENU BEBAS, TERSERAH PILIHAN ANDA!!
    APAKAH MENU SUSHI TEI?
    KIYADON SUSHI?
    RAMEN 38? DLL
    RESEP HALAL YANG SUDAH TERBUKTI!!

    perkenalkan, nama saya Adhitya Yodha. saya berdomisili di jakarta. saat ini saya bekerja sebagai japanese restaurant consultant. yakni, saya berperan sebagai guide bagi anda yang ingin membuat sebuah restoran ataupun tempat usaha seperti warung,kios,booth, dan sebagainya. saya siap membantu anda mulai dari mencari lokasi yang tepat, desain interior & exterior, pembuatan menu, mentraining karyawan, mencarikan tenaga kerja (chef,cook,helper) sampai promosi dan sebagainya
    Seperti yang kita ketahui sebelumnya ,di Indonesia terutama di kota kota besar Sudah puluhan atau bahkan ratusan restoran atau usaha yang bergerak di bidang makanan jepang
    Ini mungkin dapat di maklumi, di karenakan budaya Jepang sudah tidak asing lagi bagi penduduk Indonesia kebanyakan, termasuk makanannya.

    Tidak bisa di pungkiri, makanan Jepang adalah salah satu jenis makanan yang sederhana di lihat dari segi bahan bahan yang di pergunakannya serta cara pembuatannya, namun sangat tinggi nilai gizinya dan juga nilai seni yang amat mempesona bahkan ada juga yang sangat sensasional
    Sepertinya makanan jepang di sini sudah amat sangat populer dan sedang menjadi sebuah trend di generasi sekarang, ini bisa di buktikan dengan banyaknya outlet outlet atau resto bahkan warung yang bertemakan makanan jepang. Bahkan sudah tidak terhitung lagi banyaknya khususnya di kota jakarta. Bisa di artikan bahwa usaha bertemakan makanan jepang ini ternyata cukup menggiurkan
    Di sini saya mencoba untuk menawarkan kesempatan yang tampaknya cukup menjanjikan ini, yakni berbisnis makanan jepang. Khususnya bisnis atau usaha makanan jepang mulai dari restoran mewah sampai outlet di foodcourt, booth, warung dan sebagainya

    Saya menawarkan konsep yang agak berbeda dengan sistem franchise. Brand atau nama tempat usaha anda nantinya bisa anda sendiri yang menamakannya, begitu pula dengan menu, konsep dan penampilannya, akan tetapi saya akan membantu untuk menuntun anda bagaimana membuat sebuah konsep usaha yang anda ingini nanti
    Sudah sekitar kurang lebih 9 tahun saya bekerja sekaligus mempelajari makanan jepang, setelah akhirnya saya sudah berpindah pindah dari satu restoran ke restoran lainnya secara otomatis saya dapat beberapa pelajaran tentang konsep,gaya, dan variasi makanan jepang yang berbeda beda termasuk resepnya. Akan tetapi semua hal yang sudah saya dapat itu tidak saya tiru seratus persennya, itu hanya sumber inspirasi atau bahan perbandingan saja. Di sini saya menjual apa yang saya sudah buat sendiri, yakni resep makanan jepang yang halal,nikmat,murah tetapi tidak merubah rasa jepangnya itu sendiri

    Saya sudah membuat beberapa restoran di berbagai kota dengan konsep dasar yang sesuai dengan kemauan pelanggan. akan tetapi sudah saya kembangkan sedemikian rupa sehingga setiap restoran tersebuti memiliki keunikan masing masing. yang sampai saat ini restoran tersebut semakin berkembang. restoran tersebut adalah:

    1. WASABIE Resto Timor Leste (setup,design,menu,training,dll)
    2. BLUEFIN Hotel Resto Bali (menu & training)
    3. SUSHI SO Resto Palembang (setup,design,menu,training,dll)
    4. ZUSHIODA Booth Jakarta Barat (setup,design,menu,training,dll)
    5. METEOR CAFE Resto Purwokerto (menu & training)
    6. SUSHI NEST Sushi car Depok (setup,design,menu,training,dll)
    7. SUGOI TEI Resto Malang (setup,design,menu,training,dll)
    8. SUSHI TEN Resto Makasar (setup,design,menu,training,dll)
    9. HOKIKU Resto Semarang (setup,design,menu,training,dll)
    10. METROPOLITAN SUSHI booth Jakarta (setup,design,menu,training,dll)
    11. TORI UDON Resto Jakarta (menu & training)

    Mungkin kebetulan anda mengetahui salah satu resto di atas yang sudah saya buat. Kesemua resto yang sudah saya buat ini memiliki konsep,tampilan dan menu yang berbeda beda sesuai dengan keinginan pemiliknya
    untuk lebih jelasnya saya memiliki proposal yang bisa anda download dan simpan. silahkan download di:

    http://adhityayodha.webs.com

    untuk pertanyaan dan informasi silahkan hubungi saya di:

    085737637228 (maaf, tidak melayani sms yang bertele – tele)

    YM:

    japanesechef_indonesia
    japan_chef
    japanese_chef
    franchise_restoran

    email: sushichef_jakarta@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s