Berbaik-Baiklah Pada Pelanggan

Salah satu kunci sukses dalam berusaha adalah menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan dan calon pelanggan. Pelanggan yang puas akan menjadi pengguna setia, bahkan menjadi pemasar aktif produk kita.

Cros and Garret Smith konsultan bisnis dunia, mengungkapkan hubungan baik bisa dicapai lewat beberapa langkah :

Pertama, membuat nama merek familiar dengan kebanyakan pasar sasaran yang dituju (awareness bonding). Merek yang mudah dilafalkan masyarakat sasaran, biasanya jauh lebih mudah dikenal dan diingat konsumen saat bertransaksi.

Kedua, menciptakan loyalitas merek (identifying bonding) dengan membuat merek berdasar komunitas, ikatan emosional kelompok sasaran dan lain-lain. Misalnya kelompok merek Bintang Songo bisa dibuat dalam berbagai penamaan yang sesuai. Misalnya, produk pakan ternak menggunakan BISON, hasil pertanian menggunakan BINGO. Dengan singkatan apapun, kepanjangannya tetap Bintang Songo.

Ketiga, membangun konsep hubungan dua arah antara produsen dan konsumen (relationship bonding) sehingga produsen dapat mendengar langsung keinginan konsumen untuk dipilah dan dipenuhi. Keempat, menciptakan ikatan melalui pembentukan komunitas (community bonding). Para pengguna difasilitasi mengaktualisasikan diri melalui komunitas merek, misalnya melalui seminar, kumpul-kumpul atau tur.

Kelima, advocacy bonding, yaitu menggerakkan konsumen menjadi pemakai sekaligus pemasar. Inilah tahap akhir dalam penciptaan hubungan yang baik dengan pelanggan.

Konsumen yang dianggap raja bisa diubah menjadi pemasar yang baik untuk produk kita. Kuncinya, kembangkan hubungan baik dan terus-menerus. Bagaimana dengan Anda?

(surya.co.id)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tips Bisnis dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s