Jasa Katering, Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Bisnis Catering, ternyata bukan bisnis / usaha rumahanbiasa. Kalau pekerjaan ini ditangani dengan profesional, dan ditekuni dengan serius, ternyata bisnis ini mampu mendatangkan hasil yang besar atau bisa dibilangbisnis hasil besar. Bahkan Anda tidak akan mengira kalau ternyata bisnis ini nantinya menjadi sumber penghasilan utama, bukan sekedar bisnis sampinganlagi. Sekecil apapun pekerjaannya, bila dikerjakan dengan serius, pasti mendatangkan hasil maksimal.

Mungkin ini dapat menjadi inspirasi peluang usaha buat Anda yang memang hobi memasak dan gemar kuliner serta suka menciptakan masakan dengan cita rasa baru. Banyak keuntungan dari bisnis ini, diantaranya yang paling utama adalah Anda tidak perlu menyewa lokasi usaha khusus seperti rumah makan atau restoran. Anda cukup usaha ini memulai dari dapur rumah Anda.

Bila Anda berminat menekuni bidang usaha ini, berikut kiat dan tips sukses bisnis / usaha katering.

  1. Hobby dan Minat. Ini yang paling penting. Usaha akan lebih baik dijalankan bila Anda memang menyukai bidang usaha yang Anda tekuni. Di bisnis katering ini, Anda harus menyukai bidang masak memasak.
  2. Variasikan Menu Masakan. Anda harus kreatif dalam menciptakan menu masakan yang khas. Sebagai entrepreneur / wirausaha bidang makanan, Anda harus gemar mengkreasikan dan menciptakan cita rasa yang baru. Menu masakan dapat menciptakan ciri khas usaha katering Anda yang tidak bisa diperoleh di katering lain. Memang, kalau karyawan dan pegawai kantoran cenderung tidak terlalu rewel dalam masalah menu, asal makanan tidak basi, higienis dan enak. Tapi akan berbeda dengan pelanggan dari kalangan ibu-ibu. Mereka biasanya lebih teliti terhadap jenis makanan dan menu. Gantilah menu makanan sesering mungkin untuk menghindari kebosanan dari para pelanggan dan tambahkan buah-buahan segar untuk pencuci mulut. Utamakan kebersihan dan kesegaran makanan, dan jaga kepuasan dan kepercayaan pelanggan katering Anda.
  3. Tawarkan Cita Rasa yang Khas. Penggantian menu tidak menjadi masalah. Yang terpenting dari bisnis katering adalah Rasa. Bila lidah seseorang sudah cocok dengan rasa katering Anda, maka kecil kemungkinan pelanggan berpindah katering. Untuk bahan percobaan, Anda bisa mengundang tetangga atau teman untuk mencicipi masakan Anda dalam jamuan makan malam.
  4. Berikan Pelayanan yang Baik. Ini juga harus diperhatikan untuk mempertahankan kelangsungan usaha katering Anda. Berikan pelayanan yang baik kepada pelanggan Anda, misalnya dalam hal pengantaran, jangan pernah terlambat 5 menit pun ketika mengantarkan katering pesanan karena ini akan berdampak buruk bagi reputasi usaha katering Anda nantinya. Kemudian yang tidak kalah pentingnya, bila order dilakukan melalui telepon, jawab panggilan telepon dengan ramah.Disini anda dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.
  5. Tawarkan Harga yang Kompetitif. Harga adalah poin yang sangat sensitif. Harga kemahalan akan susah untuk merebut hati konsumen. Jadi, lakukanlah orientasi pasar sebelum Anda memberikan proposal penawaran. Pelajari harga jenis menu makanan dari usaha sejenis lain sehingga harga yang Anda tawarkan kompetitif dan mampu merebut hati calon pelanggan.
  6. Strategi Pemasaran. Yang juga menentukan kesuksesan dari usaha katering Anda adalah pemasaran. Untukmemperkenalkan usahakatering Anda, ada beberapa cara, yaitu;
  • (1) Tawarkan bisnis jasa katering Anda disekitar komplek rumah tinggal Anda sebagai langkah awal, dan ini akan sangat membantu pengenalan usaha Anda.
  • (2) Perbanyak relasi Anda, dan hubungi teman-teman lama yang ada di daftar kontak telepon Anda dan tawarkan usaha jasa katering Anda kepada mereka.
  • (3)Cetak brosur dan kartu nama sebagai langkah promosi usaha jasa katering Anda
  • (4)Gencarkan kegiatan promosi. Anda bisa melakukannya melalui media cetak atau koran harian di kota Anda, juga melalui promosi internet, via jejaring sosial seperti facebook, twitter dan lainnya.
  • (5)Target pasar Anda antara lain; perkantoran, pertokoan dan pabrik, komplek perumahan dan event acara seperti pernikahan, meeting dan lain sebagainya.

Dibandingkan dengan usaha restoran atau rumah makan, modal yang diperlukan untuk memulai peluang bisnis jasa katering tidak begitu banyak. Usaha ini tidak memerlukan sewa tempat, bisa dilakukan dirumah tinggal Anda. Usaha bisa dilakukan di dapur dan cukup siapkan 1 ruangan kantor untuk arsip dan dokumen lain. Berikut 7 pos pengeluaran modal yang harus dikeluarkan untuk memulai bisnis jasa katering:

  1. Izin dari dinas terkait di kota Anda untuk mendapatkan lisensi.
  2. Persiapan dapur dan peralatan masak dan peralatan makan, seperti wadah makanan dan lain sebagainya.
  3. Material promosi, seperti kartu nama dan brosur.
  4. Administrasi Bisnis, seperti 1 set komputer yang tidak harus baru.
  5. Biaya sewa kendaraan untuk mengantar pesanan ke lokasi pelanggan
  6. Stok awal bahan baku masakan
  7. Biaya awal memulai usaha, seperti survey harga, observasi dan lain sebagainya.

Dari 7 pos pengeluaran diatas, setidaknya Anda bisa memperhitungkan berapa keperluan modal untuk memulai usaha ini. Anda bisa mempertimbangkan pos biaya yang belum terlalu mendesak untuk memperkecil modal awal usaha.

Kerjakanlah bisnis ini dengan serius untuk hasil maksimal dan jadikanlah bisnis rumahan menjadi bisnis profesional. Yakinlah Anda pasti berhasil. SALAM SUKSES!! dan Mudah-mudahan bermanfaat.

http://ruzh.blogspot.com/2010/09/peluang-usaha-jasa-katering-bisnis.html

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Peluang Usaha. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s