Bisnis Jual Beli Handphone Bekas Masih Diminati

Kebutuhan akan alat telekomunikasi saat ini seakan sudah tidak dapat dilepaskan lagi dari masyarakat. Sebut saja handphone/HP. Semua kalangan apapun profesinya sudah menggunakan HP. Dari anak sekolah dasar pun sudah dibekali dengan HP. Belum lagi kemajuan teknologi yang kian cepat, mendorong masyarakat semakin konsumtif untuk memiliki yang paling canggih, meskipun itu tidak baru alias bekas pakai. Apakah anda sudah melihat peluang bisnisnya?

Ya, peluang usaha jual beli handphone bekas. Bisnis ini memang sudah tidak asing lagi, dimana-mana pasti ada. Tapi peluang pasarnya masih terbuka lebar, selama manusia masih hidup membutuhkan komunikasi, dan teknologi terus berkembang, usaha ini pasti akan tetap hidup. Asalkan anda mau sedikit bekerja ekstra keras untuk bersaing dengan mereka yang sudah lebih dulu terjun dibidang ini. Tapi jangan khawatir, kunci utama dari bisnis ini adalah kejujuran. Konsumen akan loyal bila poin itu Anda jaga.

Anda berminat? berikut tips singkat untuk memulai usaha ini:

  1. Pelajari bidang usaha ini. Dengan kata lain, anda harus sedikit banyak mengerti mengenai Handphone. Bila waktu mendesak, Anda perlu merekrut pegawai yang memang paham Handphone terhadap masalah dan permasalahannya. Tapi tetap dengan pengawasan Anda sambil belajar.
  2. Permodalan yang cukup. Mungkin ini menjadi kendala bagi kebanyakan orang, tapi tidak dengan Anda yang berjiwa entrepreneur. Permodalan ini nantinya akan digunakan untuk membeli lemari display, kursi, PC, peralatan service HP standar, aksesoris, dll. Tapi yang paling penting disiapkan dalam usaha ini adalah Cash Flow/uang kas. Ingat, karena bisnis ini adalah jual beli HP bekas pakai, jadi ketika ada konsumen yang datang menjual HPnya Anda harus siap membeli (bila kondisi bagus). Disini bila permodalan Anda rasa kurang, Anda bisamencari mitra kerjasama, atau mengajukan proposal pinjaman ke BAnk, atau mencari investor yang mau mendanai usaha Anda.
  3. Pilih lokasi yang strategis. lokasi usaha menjadi peran penting di sini. Lokasi yang ramai lebih bagus. Dekati kompetitor Anda. Jangan takut bersaing dengan mereka. Yakinlah dengan pelayanan terbaik yang anda berikan.
Untuk memulai usaha ini, 3 hal itu saja belum cukup. Anda harus memiliki skill dan kemampuan khusus untuk menjalankannya. Disamping pandai me-manage keuangan, ada beberapa hal yang harus anda miliki:
  1. Ketrampilan berkomunikasi dan negosiasi. Ini adalah yang terpenting dalam kemajuan usaha Anda. Anda harus persuasif dan mampu meyakinkan calon konsumen terhadap barang yang Anda jual. Tawar menawar itu sudah pasti, dan untuk harga HP bekas pakai, tidak ada standar baku, semua tergantung kelengkapan dan kondisi fisik barang.
  2. Update Informasi seputar Handphone. Saat ini sudah banyak tabloid, surat kabar dan media internet yang berisi informasi harga Handphone baru dan bekas, trend peoduk handphone yang sedang digandrungi dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda dapat menyusun strategi penjualan dengan pengadaan/penyediaan stock barang dagangan.
  3. Mampu menciptakan citra usaha yang baik. Jangan terlalu berambisi mengejar keuntungan yang tinggi, membeli semurah mungkin dengan alasan cacat dan lain sebagainya. Katakan bagus bila memang bagus, dan katakan jelek bila memang jelek. Dan berikan penawaran harga yang sepantasnya
  4. Teliti dan cermati sebelum anda membeli handphone bekas yang ditawarkan. Jangan tergiur dengan harga murah. Tetap periksa dengan seksama, jangan sampai kerugian Anda muncul dari sini.
Anda menerapkan beberapa tips dibawah untuk kegiatan pemasaran
  • Buatlah Kartu Nama yang memuat usaha Anda. Ini akan menjadi alat promosi yang paling jitu
  • Cetak XBanner dan spanduk untuk dipasang di kios/toko/counter Anda dapat membantu pengenalan usaha Anda
  • Perluas pergaulan dan jaringan Anda.

Sebenarnya, ada banyak sumber pendapatan yang lain, misalnya Anda bisa sekalian menjual game untuk handphone, ringtone melalui PC, voucher isi ulang, aksesoris dan lain sebagainya. Tapi hendaknya disesuaikan dengan permintaan pasar nantinya sambil berjalan.

Bagaimana, Anda siap menjalankan peluang bisnis yang satu ini?
Iklan
Pos ini dipublikasikan di Peluang Usaha. Tandai permalink.

2 Balasan ke Bisnis Jual Beli Handphone Bekas Masih Diminati

  1. Cyber Tech Zone berkata:

    BISNIS a smkin mnjmur d5na2

  2. harry berkata:

    minta informasi tambahan usaha hp bekas

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s