Mahfud MD: Gedung Baru DPR Langgar Kepantasan

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, tidak ada keperluan yang penting untuk membangun gedung DPR yang mewah.

”Selama 3,5 tahun saya di DPR tidak butuh seperti itu (fasilitas yang mewah yang direncanakan ada di Gedung DPR yang baru). Itu (kemewahan Gedung DPR yang baru) melanggar rasa kepantasan,” katanya di ruang kerjanya, Jakarta, Selasa (31/8/2010).

Dia mengungkapkan, memang pembangunan Gedung DPR yang baru tersebut tidak melanggar hukum. Hanya saja, melanggar kepantasan. Menurutnya, perlu untuk dipertimbangkan ulang pembangunan Gedung DPR tersebut.

Mahfud juga mengatakan, dengan fasilitas dan kemewahan gedung tidak mutlak berpengaruh pada kinerja anggota DPR. ”Kalau diperbarui tapi kemampuan nya tak meningkat kan sama saja,” kata Mahfud.

Namun jika memang pembangunan gedung untuk memunculkan pandangan tertentu, maka itu juga hak DPR. ”Misalnya, untuk gagah-gagahan, dibangunlah Gedung DPR,” katanya.

Mahfud mengusulkan, daripada membangun Gedung DPR yang mewah, akan lebih baik untuk hal lain. Misalnya, untuk menanggulangi bencana alam. Selain itu, anggaran bisa juga untuk memperbaiki gedung pengadilan di daerah yang tidak memadai. Bahkan, bisa juga memberikan kesejahteraan yang layak bagi hakim atau prajurit.

Sekadar diketahui, DPR rencananya akan membuat gedung baru yang mewah. Di Gedung DPR yang baru tersebut rencananya akan ada ruang spa dan kolam renang. Ruang kerja anggota DPR pun jadi lebih luas.(Kholil Rokhman/Koran SI/ram)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s