SBY Belum Tanggapi Pernyataan PM Najib

PM Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak telah mengeluarkan imbauan keras pada pemerintah Indonesia tentang aksi demonstrasi di Kedubes Malaysia.

Namun Presiden SBY belum akan mengikuti langkah Najib untuk mengeluarkan pernyataan keras pada pemerintah Malaysia.

“Sampai sekarang belum ada rencana,” ujar Jubir Presiden Julian Aldrin Pasha saat dihubungi detikcom, Senin (30/8/2010).

Menurut Julian, bukan berarti Presiden SBY lemah dalam menangani masalah RI-Malaysia ini. Namun pemerintah lebih mengedepankan diplomasi.

“Kita kan mengedepankan soft diplomacy. Lebih penting bagi kita menjaga hubungan baik kedua negara,” terang Julian.

Mengenai kelanjutan masalah ini, Julian mengaku belum bisa berkomentar lebih banyak. Pemerintah saat ini masih menunggu jawaban atas surat resmi yang dikirimkan pada pemerintah Malaysia.

“Saya kemarin juga sudah berkoordinasi dengan Pak Faizasyah (Jubir Deplu)bahwa memang pemerintah Indonesia belum menerima jawaban resmi surat ini, sehingga kami belum bisa berkomentar lebih lanjut,” bebernya.

PM Najib sebagaimana dilansir media Malaysia akhir pekan ini mendesak pemerintah Indonesia untuk menertibkan demonstrasi anti-Malaysia. Jika tidak, Indonesia akan menghadapi risiko kemarahan warga Malaysia.

Najib mengaku belum menerima surat yang dikirimkan SBY. Namun dirinya memperkirakan dalam surat itu SBY  menyampaikan kekecewaannya atas situasi yang berkembang dan demonstrasi-demonstrasi yang terjadi seharusnya tidak dikaitkan dengan pemerintah Indonesia.

“Pemerintah Indonesia sadar ada 2 juta warganya yang bekerja di Malaysia dan ada investasi besar oleh perusahaan-perusahaan Malaysia (di Indonesia),” komentar PM Najib.

detiknews.com/read/2010/08/30/102714/1430827/10/sby-belum-akan-tanggapi-pernyataan-keras-pm-najib

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s