Kapolri: FPI dan FBR Dominasi 107 Aksi Kekerasan oleh Ormas Sejak 2007

Kapolri Jenderal Polisi, Bambang Hendarso Danuri, menjelaskan, ada 107 tindakan kekerasan dilakukan oleh organisasi masyarakat (ormas) sejak tahun 2007 hingga 2010. Dari jumlah tersebut, Front Pembela Islam (FPI) dan Forum Betawi Rempug (FBR) mendominasi aksi kekerasan.

”Tercatat ada 107 tindakan kekerasan yang dilakukan oleh ormas sejak tahun 2007,” ujar Bambang, di Gedung DPR, Senin (30/8).

Bambang memerinci data tindak kekerasan oleh ormas dihadapan rapat gabungan Komisi II, III, dan VIII DPR. Rapat gabungan ini dilaksanakan menyusul maraknya tindak kekerasan yang dilakukan ormas dan telah meresahkan masyarakat.

Di tahun 2007 teracatat 10 tindak kekerasan dilakukan ormas. Jumlah tindakan kekerasan menurun menjadi delapan di tahun 2008, namun meningkat tajam menjadi 40 tindakan kekerasan ormas di tahun 2009. Di tahun 2010 telah terjadi 49 tindak kekerasan dilakukan ormas.

Dari 107 tindakan kekerasan yang dilakukan ormas sejak tahun 2007, menurut Bambang, paling banyak dilakukan oleh FPI dan FBR. Barisan Muda Betawi juga tercatat melakukan aksi kekerasan padan tahun 2009. Dari jumlah aksi kekerasan tersebut, kata Bambang, Kepolisian telah menyidik 36 kasus dan berkasnya telah dinyatakan lengkap (P21) oleh kejaksaan.

Bambang berjanji akan terus menginstruksikan seluruh jajarannya agar bersikap tegas terhadap aksi kekerasan yang dilakukan oleh kelompok manapun. Bambang bahkan menegaskan, tidak menolerir jajaran di bawahnya yang ragu dalam bersikap menghadapi aksi kekerasan yang dilakukan ormas. ”Contoh Kapolres Bengkalis kami ganti karena tidak bertindak cepat atas aksi pembakaran tempat pelacuran,” jelasnya.

*republika.co.id/berita/breaking-news/hukum/10/08/30/132533-kapolri-fpi-dan-fbr-dominasi-107-aksi-kekerasan-oleh-ormas-sejak-2007

Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s