Jelang Lebaran, Harga-harga Turun

Memasuki pekan ketiga bulan Puasa, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Tangerang mengalami penurunan harga. Tercatat yang turun harga adalah beras, telur ayam ras, minyak goreng curah, dan kacang tanah.

Di Pasar Ciledug, dalam sepekan terakhir ini beras turun Rp 500/kg. Bahkan untuk jenis IR 42 turun Rp 1.000 menjadi Rp 9.000/ kg. Sementara yang turun Rp 500/kg umumnya beras jenis IR 64 kualitas sedang.

“Kondisi pasar yang lesu turut memengaruhi harga. Sementara pasokan dan stok di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) juga stabil” ucap Lasmi, pedagang beras.

Menurut Lasmi, pelanggannya yang membuka warung nasi mengurangi jatah belanja. Yang biasa 10 kg/hari, kini menjadi lima kg/hari. “Untuk penjualan selama Puasa ini memang turun drastis, tidak sampai satu ton/hari. Biasanya di atas satu ton/hari,” ucapnya.

Penurunan harga juga terjadi pada telur ayam ras. Jika pekan lalu masih dijual Rp 15.000/kg, kini turun Rp 1.000 lagi menjadi Rp 14.000/kg. Padahal pada awal Puasa sempat mencapai Rp 16.000/kg.

“Harga selama Puasa ini turun terus. Penjualannya sepi, sementara stok di peternak banyak,” ujar Asep, pedagang di Pasar Delapan, Serpong.

Mengacu pengalaman sebelumnya, kata Asep, harga telur ayam ras tidak turun lagi setelah naik pada awal Puasa. Justru harga itu kembali naik saat mendekati Lebaran.

“Mungkin untuk Lebaran tahun ini harga naik lagi, tapi tidak terlalu besar sebab daya beli masyarakat lemah sekali,” katanya.

Selanjutnya minyak goreng curah turun dari Rp 10.000/kg menjadi Rp 9.500/kg, dan kacang tanah dari Rp 16.000/kg menjadi Rp 15.500/kg. Sedangkan daging sapi dan ayam ras masih stabil di harga yang mahal.

Untuk daging sapi murni Rp 65.000/kg, dan has dalam Rp 70.000/ kg. Sedangkan daging ayam ras Rp 28.000/kg. Harga itu diprediksi akan bangkit lagi beberapa hari menjelang lebaran.

Begitu pula sayur-mayur. Harga cabai yang sempat meroket, kini mulai stabil. Misalnya cabai merah keriting Rp 25.000/kg, cabai merah besar dan cabai rawit hijau Rp 20.000/kg.

*megapolitan.kompas.com/read/2010/08/30/12233431/Jelang.Lebaran..Harga-harga.Turun

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s