Elisany Remaja Tertinggi Dunia

Usianya baru 14 tahun, namun tubuh Elisany Silva menjulang sampai 206 sentimeter. Boleh jadi, Silva merupakan remaja tertinggi dunia. Karena usianya masih sangat muda, Elisany bisa lebih tinggi lagi. Sekarang saja dia sudah 50 sentimeter lebih tinggi dibanding remaja lain seusianya.

Dilahirkan dari keluarga miskin di Desa Braganca, Brasil, Elisany dan orangtuanya tidak tahu penyebab pertumbuhan tubuh yang luar biasa itu. Menurut ibunya, Ana Maria Cruz, keluarga mereka tidak memiliki biaya untuk memeriksakan remaja bernama lengkap Elizane Cruz Silva tersebut.

Selain Elisany, keluarga Silva memiliki enam anak lain. “Tapi tinggi mereka normal,” ujar sang ibu.

Sampai kini dokter belum mengetahui penyebab pasti pertumbuhan Elisany. Beberapa tes pada kelenjar bawah otak remaja itu tidak menunjukkan adanya masalah. Sementara keluarganya tidak memiliki cukup uang untuk pemeriksaan menggunakan teknologi kesehatan yang lebih mutakhir.

Sejauh ini dokter menduga Elisany menderita gigantisme, yakni pertumbuhan yang tak normal akibat kerja hormon pertumbuhan yang berlebihan.

Meski yakin anak gadisnya tidak memiliki masalah kesehatan, namun Ana Maria ingin pertumbuhan tubuh anaknya berhenti. “Saya ingin Elisany tak perlu tumbuh lagi agar tubuhnya tidak berbeda dengan gadis lain,” ujarnya.

Kesulitan yang muncul akibat tubuh tingginya kadang membuat Elisany frustrasi. “Saya tidak bisa melakukan banyak hal dengan benar karena tubuh saya terlalu tinggi. Saya ingin bermain dengan teman-teman sebaya, tapi tidak bisa,” keluh remaja berwajah manis ini.

Menurut sang ibu, putri tercintanya tersebut mengaku kurang bisa bergaul dengan teman-teman sebaya. “Yang paling sulit, saat berada di dalam rumah,” ujar Elisany.

Rumah keluarganya yang sederhana memang terlalu rendah untuk Elisany. Dia harus terus membungkuk bila berada di dalam rumah. “Mendongak sedikit, atau menegakkan tubuh saja, saya sudah terbentur atap,” katanya.

Sejak tiga bulan lalu Elisany bahkan terpaksa berhenti sekolah. Alasannya sederhana, tubuhnya terlalu tinggi untuk duduk di bus sekolah. Dia sulit meletakkan kakinya yang panjang saat duduk di bus. Pintu masuk bus itu tidak cukup bila ia tidak merunduk saat masuk.

Dalam video yang bisa disaksikan melalui situs Youtube, tampak Elisany harus merunduk saat memasuki rumahnya yang terbuat dari papan kayu. Kepalanya terantuk kayu di rumahnya karena lupa merunduk. Ia harus tidur dengan kaki tergantung pada sisi tempat tidur berukuran panjang standar 180 sentimeter.

Meskipun tubuhnya lebih sering menimbulkan kesulitan, Elisany berusaha untuk tidak berkecil hati. Dia melihat satu peluang di dunia modeling, khususnya model catwalk yang memang memerlukan orang berfisik tinggi dan langsing. Dalam waktu dekat, sudah ada job modeling untuknya : tampil dalam balutan busana pengantin pada peragaan busana di Kota Belem.

http://www.surya.co.id/2010/08/30/elisany-remaja-tertinggi-dunia.html

Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s