Peluang Bisnis Waralaba Gerai Susu

Sebuah usaha bisa berawal dari ide sederhana. Yan Susilo, contohnya. Bersama empat koleganya, ia mendirikan Dunia Susu tujuh tahun silam di daerah Bekasi. Lantaran melihat harga susu di supermarket mahal, mereka pun mendirikan toko yang menjual beragam jenis susu bubuk untuk bayi hingga manula.

Yan bilang, Dunia Susu terbentuk karena terinspirasi dengan keberadaan apotek yang khusus menjual obat. “Kami pun berinisiatif membuka toko yang khusus menjual susu,” ucap Yan.

Setelah hampir empat tahun menyusun konsep dan melihat perkembangan usaha, akhirnya pada Juni 2010, ia memutuskan menjaring mitra dari seluruh Indonesia yang berminat membuka toko susu tersebut. Nilai investasinya adalah, Rp 50 juta.

Dana tersebut sepenuhnya digunakan untuk belanja susu. Dari 300 jenis susu yang ada, dengan dana Rp 50 juta bisa memenuhi 60% kelengkapan susu di gerai Dunia Susu. Sekarang, Dunia Susu memiliki 70 outlet yang semunya merupakan milik mitra.

Menurut Yan, dalam membuka usaha ini, mitra harus mempertimbangkan lokasi. Satu kriterianya, kawasan pemukiman padat penduduk, karena susu merupakan kebutuhan primer. “Kalau boleh dibilang, susu adalah sembako bermerek seperti minyak goreng,” ujarnya. Jadi, pemilihan lokasi yang tepat akan sangat menentukan omzet.

Kelebihan Dunia Susu terletak pada harga jual susu yang murah. Yan juga akan mengirimkan daftar harga susu setiap minggu ke para mitra sebagai pedoman untuk menentukan harga jual.

Selain itu, mitra juga dapat memadukan produknya dengan produk perlengkapan bayi ataupun penjualan aksesori dan mainan anak-anak. Kombinasi ini bertujuan untuk mengerek omzet.

Yan bilang, jika lokasinya tepat, omzet bisa mencapai Rp 5 juta per hari. Berkaca pada pengalamannya, setidaknya para mitra bisa balik modal antara sembilan bulan hingga satu tahun.

Dunia Susu menyediakan beragam merek susu, mulai dari susu kelas bawah, menengah, hingga premium. Harga susu yang ditawarkan dalam gerai berkisar antara
Rp 20.000 sampai Rp 200.000. “Pendapatan terbesar berasal dari penjualan susu bayi dan anak-anak,” jelas Yan.

Yakin pada prospek usaha ini, Kasmawati menjadi mitra Dunia Susu sejak Juni 2010. Dia membuka gerai di Pademangan, Jakarta Utara. Awalnya, ia membidik pasar kelas bawah. Tapi, sejauh ini produk yang sering terjual justru susu kelas premium. “Usaha ini sangat menjanjikan, karena susu merupakan kebutuhan pokok,” ujarnya.

Perempuan 39 tahun ini tak takut, meski harus bersaing dengan supermarket. Pasalnya, harga susu di tokonya lebih murah. Tak hanya susu, Kasmawati juga menjual dot dan botol susu formula untuk menggenjot penghasilannya.

Sayang, Kasmawati enggan menyebut omzetnya. Tapi, enam bulan belakangan, ia memesan susu hingga tiga kali seminggu. Boleh jadi ini pertanda usahanya maju pesat. (peluangusaha.kontan.co.id)

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Peluang Bisnis dan tag , , . Tandai permalink.

13 Balasan ke Peluang Bisnis Waralaba Gerai Susu

  1. edi nurhadi berkata:

    saya edi dari rangkasbitung apa persyaratan untuk mebuka gerai susu emai saya di royalediganteng@yahoo.com

  2. syamsudin berkata:

    saya tertarik dengan usaha ini ,bagaimana saya menghubungi anda ,informasi lebih lanjut tolong kirim ke email saya dzikrysyamsudin@gmail.com

  3. fadhla berkata:

    saya tertarik untuk menjadi mitra dunia susu. saya minta persyaratannya apa saja. bagaimana cara saya untuk dapat keuntungannya.maksud saya antara harga beli dan harga jualnyanya. sya ada di jakarta. tolong informasinya di email ke fadhla.naniyudi@yahoo.com thanks

  4. robert berkata:

    saya tertarik untuk menjadi mitra dunia susu. saya minta persyaratannya apa saja. bagaimana cara saya untuk dapat keuntungannya.maksud saya antara harga beli dan harga jualnyanya. sya ada di jakarta. tolong informasinya di email ke robertsirait@ymail.com thanks

  5. melly berkata:

    Bagaimana cara & persyaratan jika membuka gerai susu thx

  6. edi nurhadi berkata:

    saya edi dari rangkasbitung,banten.apa persyaratan menjadi mitra.

  7. usdi erwanto berkata:

    saya ingin membuka usaha waralaba susu di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan

  8. rian berkata:

    Salam,

    saya butuh info untuk menjadi agen dunia susu di wilayah solo dan sekitarnya

    terima kasih
    rian

  9. wisharyadi berkata:

    Pak saya mau minta penjelasan detail bagaimana jika ingin menjadi mitra dunia susu…dan bagaimana jika saya ingin buka di daerah serang atau cilegon apakah bisa?mohon balas ke email saya di windut02@yahoo.com, thank’s

  10. dina berkata:

    info alamat pusat penjualan

  11. galih berkata:

    Kalau mau jadi mitra bagaimana ya caranya, saya tertarik sekali neh, please share? kebetulan di daerah saya (cirebon, Jawa Barat) masih sedikit yang buka usaha berikut.

  12. ALFIAN KHOIROFI berkata:

    Met siang,
    saya dari Jombang tertarik menjadi mitra gerai susu mohon dikirim via email persyaratan menjadi mitra,ktalog harga jual,%disc&apakah dijombang juga ada mitra gerai susu

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s