Strategi Pemasaran Restoran

Demi meningkatkan jumlah pengunjungnya, restoranseafood D’Cost mengeluarkan program diskon berdasarkan usia. Program yang unik ini terbukti berhasil meningkatkan penjualan hingga 100%. Karena itulah, manajemen D’Cost berniat memperpanjang program promosi semacam itu hingga 2011.

Dalam berbisnis restoran, enak atau tidaknya makanan yang disajikan memang sangat penting. Tapi, betapa lezat pun sebuah masakan, jika tanpa diikuti promosi yang baik, maka pengunjungnya bisa saja minim. Imbasnya, penjualan terganggu.

Hal ini disadari betul oleh pengelola jaringan restoran D’cost. Restoran yang khusus menyajikan berbagai makanan laut atau seafood ini, rajin menelurkan program promosi untuk memikat pengunjung. Salah satu promosinya yang cukup sukses adalah program diskon berdasarkan umur.

Sesuai dengan temanya, setiap pelanggan yang makan di restoran tersebut akan mendapat potongan harga sesuai usianya. Jika pembeli berusia 30 tahun, diskon yang diberikan 30%. Buktinya hanya dengan menunjukkan kartu identitas, seperti KTP.

Yaya Sumarya, Koordinator Servis PT D’cost Alfa, perusahaan yang menaungi jaringan restoran D’Cost, menuturkan, program tersebut berlaku bagi semua pengunjung restoran. Baik yang datang sendirian maupun yang berkunjung secara berkelompok atau rombongan. “Semuanya bisa mendapatkan program diskon ini,” tandasnya.

Bahkan, kata dia, khusus bagi yang datang secara berkelompok atau bersama keluarga akan mendapatkan keleluasaan dalam memilih KTP yang akan digunakan sebagai dasar penghitungan besaran diskon. “Tentunya mereka akan memilih siapa di antara mereka yang usianya paling tua,” katanya.

Demi mensiasati keadaan tersebut, D’cost membatasi penggunaan satu KTP untuk lima orang pelanggan yang datang secara berkelompok. Jadi, jika yang datang lebih dari lima orang, orang keenam harus menggunakan KTP yang berbeda untuk mendapatkan potongan harga. “Sampai sekarang, rekor diskon dipegang oleh gerai yang ada di Sunter,” kata Yaya. Pengunjung di gerai itu ada yang telah berusia 102 tahun.

Program diskon yang cukup unik ini sudah dilakukan D’cost sejak Mei 2010. Namun, program ini tidak dilakukan serentak di seluruh jaringan restoran D’cost, yang saat ini berjumlah 34 gerai.

Sistemnya, setiap gerai mendapatkan gilirannya masing-masing. Rata-rata ada empat gerai D’cost yang menggelar program tersebut setiap bulan. Contohnya, pada bulan Oktober ini yang mendapatkan jatah menggelar program diskon adalah restoran D’Cost di Mal Ciputra, Season City, Mal Cinere dan WTC Mangga Dua.

Yaya mengatakan, sejak program itu digelar langsung berdampak pada peningkatan penjualan di setiap gerai D’Cost. “Ketika ada program peningkatannya hingga 100%,” imbuhnya. Sedangkan setelah program berakhir di gerai tertentu, penjualan di sana tetap meningkat dibandingkan dengan bulan -bulan sebelumnya.

Besarnya dampak tersebut membuat manajemen D’Cost memperpanjang program diskon berdasarkan usia itu. Semula, program promosi itu akan berakhir pada Oktober ini. Tapi kemudian diperpanjang hingga 2011. “Soalnya masih banyak outlet yang belum kebagian menggelar programnya. Saat ini kami sedang menyusun jadwal lagi,” ujar Yaya. (peluangusaha.kontan.co.id)

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Tips Bisnis dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s